Widodo Basuki paling ujung kiri

 

SURABAYA, arekMEMO.COM – Penyair Widodo Basuki yang eksis dengan karya puisi berbahasa Jawa (Geguritan) kembali melaunching buku kumpulan Gurit berjudul “Jaran Tunggangan” di Bakso Dandhang Taman Pinang Sidoarjo, Sabtu (29/07). Acara ini dipandu host Kris Mariyono dan pemantik, penyair Aming Aminoedhin.

Launching buku Kumpulan Gurit yang keenam ini berlangsung sederhana tapi meriah, dihadiiri para pelaku kesenian di Sidoarjo, di antaranya ketua Forum Deklamator Jatim Bagus Siswanto, ketua Komunitas Guru Penulis Sidoarjo (KPGS), pengurus Pamong Kebudayaan Sidoarjo Asri Loli, kordinator Komunitas Penulis Alumni Adi Buana (Kompaas) Suhartatik, pengurus Komunitas Perupa Delta (Komperta) Djagad Ngadianto, koodinator IniSurabaya.com,  pelukis Sidoarjo Surya Darma dan penyair wanita Surabaya Denting Kemuning.

Aming Aminodhin mengungkapkan, Widodo Basuki termasuk penggurit yang produktif dan aktif dari penyair seangkatannya. “Karya-karya Widodo Basuki tidak sedikit yang menyentuh fenomena¬† kehidupan,¬† baik cerita cekak, novel dan gurit,” kata Aming, sambil menambahkan Widodo pernah meraih berbagai prestasi terkait sastra Jawa di antaranya penghargaan “Rancage”. (kar)