JAKARTA, arekMEMO.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah gerak cepat mengucurkan bantuan untuk korban bencana banjir di sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Ada dua fokus yang disoroti, perbaikan infrastruktur dan ketahanan pangan pasca-bencana.

“Saya kira pemerintah bergerak cepat memberi edukasi korban bencana serta berkonsentrasi menangani infrastruktur yang rusak dan ketahanan pangan pasca-bencana,” kata LaNyalla di kantor DPD RI Senayan, Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu mengapresiasi elemen masyarakat dan relawan yang telah turun memberi bantuan secara massif. Salah satu hal mendesak menurut Senator Dapil Jawa Timur itu adalah hunian bagi para korban bencana. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, pihaknya bakal memberikan dana Rp 500 ribu untuk setiap keluarga korban bencana banjir dan longsor di NTT.

Dana tersebut, kata Doni, diberikan untuk menyewa rumah sebagai hunian sementara. Juga sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di lokasi pengungsian. (ril/bon)