SURABAYA, arekMEMO.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan vaksinasi Covid-19. Kini giliran anggota DPRD Kota Surabaya yang divaksin di lobby lantai 2 Balai Kota Surabaya. Bahkan, di tempat tersebut juga dilakukan penyuntikan vaksin tahap kedua bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, sasaran vaksinasi di Balai Kota adalah Kepala OPD dan anggota DPRD Surabaya yang belum divaksin. Ia memastikan untuk Kepala OPD, merupakan penyuntikan kedua. Sedangkan bagi anggota DPRD, rata-rata penyuntikan pertama.

“Totalnya sekitar 72 orang yang akan divaksin,” kata Feny, sapaan Febria Rachmanita, disela-sela memantau vaksinasi, Selasa (9/3/2021).

Feny memastikan vaksinasi di seluruh puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya juga terus dilakukan. Sasarannya SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan), lansia dan pelayan publik.

“Sampai saat ini sudah sebanyak 133.273 orang yang divaksin pada tahap kedua ini. Jika ditambahkan dengan tahap 1, totalnya sudah mencapai 172 ribu orang. Alhamdulillah sampai sejauh ini lancar dan aman,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran Surabaya, Dedik Irianto mengaku kali ini merupakan penyuntikan kedua. “Alhamdulillah setelah disuntik, saya tidak ada keluhan apa-apa. Berarti vaksin ini aman dan halal,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak takut melakukan vaksinasi. Sebab, vaksin ini tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga untuk melindungi keluarga, teman kantor, tetangga dan warga lainnya. “Termasuk supaya kita tidak menjadi penyebar Covid-19 pada saat melakukan pemadaman,” ujarnya.

Sukadar, Anggota Komisi C DPRD Surabaya yang ikut vaksin mengatakan, kali ini vaksin pertama. “Alhamdulillah saya lolos cek kesehatan dan langsung divaksin,” kata Sukadar seusai divaksin.

Sukadar berharap warga Surabaya tidak termakan isu hoax yang menyebut vaksin dapat menyebabkan pusing dan sebagainya. “Vaksin ini aman dan halal. Jangan takut divaksin,” pungkasnya. (ril/bon)