SURABAYA, arekMEMO.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-41. Acara secara virtual itu diikuti seluruh pengurus Dekranas yang dipimpin oleh Ketua Umum, Wury Ma’ruf Amin.

Dari Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam Surabaya, istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi istri Wakil Wali Kota Surabaya Armuji bernama Iswahyurini itu, terlihat antusias mengikuti pertemuan daring tersebut. Awalnya, acara dibuka dengan pemutaran video ucapan selamat dari berbagai pihak atas bertambahnya angka usia Dekranas ke-41.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin berterima kasih kepada seluruh pengurus atas kerja keras dan usaha sehingga dapat mencapai usia ke-41. Selain itu, dia menyebut perayaan Dekranas 2021 ini mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat, Indonesia Maju. Mengingat kondisi saat ini perajin UMKM tengah berjuang di masa pandemi Covid-19.

“Tema ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap perlaku usaha. Tujuannya agar sama-sama kita memulihkan ekonomi dan segera bangkit dari pandemi,” kata Wury.

Sementara itu, Rini Indriyani menjelaskan, selaras dengan itu, yang menjadi fokus PKK saat ini ada dua poin yakni kesehatan dan ekonomi.  Dia akan all out membantu para pelaku UMKM dalam membranding hingga memasarkan produknya. 

“Kita bantu digital marketing untuk mempromosikan. Artinya, kita terus bangkitkan UMKM. Seperti yang menjadi fokus bapak wali kota,” kata Rini Indriyani.

Dia menegaskan, pada masa pandemi seperti sekarang ini para pelaku UMKM harus lebih gencar dalam melaksanakan promosi digital. Terutama para pelaku UMKM rumahan yang belum memaksimalkan peran media sosial. 

“Seperti misalnya wilayah Kenjeran, nanti kita kembangkan produknya dengan kreasi yang semakin beragam. Lalu mencari potensi apa yang ada,” ungkapnya.

Setelah perayaan HUT, acara dilanjut dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas selama dua hari mulai Rabu 03/03/2021. (ril/bon)