SURABAYA, arekMEMO.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Lomba Promosi Produk UMKM untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728. Lomba yang dikhususkan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta para Camat se-Surabaya itu digelar dengan terbatas serta dengan protokol kesehatan ketat di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Lomba  disiarkan secara live melalui beberapa akun media sosial dan akun YouTube yang dikelola oleh Pemkot Surabaya. Lomba ini digelar untuk menggerakkan perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan,  ingin terus meningkatkan dan menggerakkan produk-produk UMKM Kota Surabaya. Makanya, ia memastikan akan terus membantu memasarkan dan meyakinkan seluruh warga Kota Surabaya bahwa ekonomi Surabaya bisa bergerak jika UMKM-nya bisa bergerak. 

“Tentunya, sambil kita terus mencegah penularan Covid-19 di Kota Surabaya,” kata Eri seusai lomba.

Eri menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 dan perekonomian Surabaya adalah dua mata pedang yang sama-sama tajam, sehingga tidak boleh dibiarkan salah satunya berhenti. Eri tidak akan membiarkan ekonomi mati dan tidak akan membiarkan pandemi Covid-19 di Kota Surabaya terus bertambah.

Lomba Promosi Produk UMKM ini dilakukan melalui dua tahap. Pertama, setiap OPD dan Camat membuat video sekreatif mungkin dalam memasarkan produk UMKM yang diupload di sosial media masing-masing, baik akun sosmed OPD atau akun pribadi. Kedua mereka tampil dipanggung yang telah disediakan sembari mempromosikan produk UMKM. 

“Dari 75 peserta yang ikut serta menyetorkan video promosi, dipilih 20 peserta dan tampil Minggu. Kemudian, dari 20 itu dipilih enam peserta terbaik dan dua juara favorit. Peserta  lainnya akan ditampilkan juga di vidiotron di berbagai titik di Surabaya,” ujarnya.

Enam terbaik: Juara Harapan 3 diraih Bagian Humas, Juara Harapan 2 diraih Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Juara Harapan 1 diraih Dinas Perpustakaan dak Kearsipan. Juara 3 diraih Dinas Komunikasi dan Informatika, Juara 2 diraih Bagian Umum, dan khusus Juara 1 akan diumumkan secara langsung pada saat upacara HJKS ke 728 di Balai Kota Surabaya. (ril/bon)