Anggota PKK Desa Banter menyerahkan PMT Bergizi untuk warga yang memiliki balita guna memantau stunting (Foto: Istimewa)

GRESIK, arekMEMO.Com  – Pemerintah Desa Banter, Kecamatan Benjeng,  bersama PKK kini rajin keliling melakukan pemberian makanan tambahan (PMT) bergizi kepada balita dan ibu hamil, dengan tujuan mencegah stunting, Minggu (28/7/2024).

Selain memasak sendiri,  PKK juga  membagikan PMT bergizi yang diantar langsung ke rumah-rumah warga yang memiliki balita, serta rumah ibu hamil. Dengan begitu, PMT bergizi tersebut bisa  dimakan oleh anak –anak dan ibu hamil secara langsung.

“Bapak-bapak di Pemdes juga ikut membantu saat masak, mengemas dan mengantarkan Ibu-ibu PKK,” kata Siti Urifah, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Banter, Kecamatan Benjeng.

Menu makanan bergizi yang diberikan beupa siomai sayur, jus jeruk, kolak kacang hijau, nasi sayur capcay, ayam kecap, tempe dan buah.

“Menu PMT bervariasi. Ada bola-bola ikan, susu kedelai dan nasi, sayur sop, ayam goreng,” katanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan PKK bekerjasama dengan Kader Kesehatan Desa (KKD), yang massanya kader kesehatan desa dari Dusun Bareng Nur Kolilah.

Lebih lanjut Siti Urifah menambahkan, PMT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, sasarannya yaitu 4 balita gizi kurang, diberikan selama 56 hari dan 2 anak balita stunting diberikan selama 90 hari dan 3 Bumil diberikan selama 120 hari.

“Semoga menu ini bisa mencegah stunting seperti yang dilakukan Ibu PKK Kabupaten Gresik bersama Bupati Gresik Gus Yani,” katanya.

Kepala Desa Banter H. Muhammad Ridwan mengatakan, program PMT ini sangat bagus, sehingga kesehatan anak-anak dan ibu hamil dapat terjaga.

“Semoga program ini memberikan semangat Ibu-ibu PKK dalam menjalankan program ini, agar kesehatan generasi bangsa tetap terjaga,” kata Muhammad Ridwan.

Ridwan menambahkan, kegiatan ini perlu dukungan Pemdes untuk membantu Ibu-ibu PKK keliling ke rumah – rumah balita dan ibu hamil.

“Dukungannya adalah  mengawal Ibu – ibu PKK agar lancar semua logistik untuk kebutuhan makanan bergizi,” katanya. (oso)