Blitar, ArekMemo – Kegiatan Binter Sat Non Kowil Yonif 511/DY Triwulan II TA. 2019 dengan tema melalui kegiatan binter satuan non kowil kita wujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Sejumlah personel Yonif 511/DY dan warga masyarakat kerja bakti membersihkan aliran sungai dari sampah, tumbuhan yang berada di sepanjang aliran sungai. Tujuan untuk mengantisipasi banjir dan kebutuhan air untuk pengairan sawah supaya lancar. Lokasi kerja bakti di Kel. Klampok Kec. Sanan Wetan Kota Blitar, Minggu (30/06/2019).

Ketua kelompok tani, Abdul Haris mengatakan, dengan kerja bakti tersebut, dia berharap air yang mengalir bisa lebih lancar, terutama saat musim padi, mengairi sawah. “Saya merasa senang aliran sungai sepanjang 1 km dibersihkan oleh prajurit Yonif 511/DY,” kata Haris.

Menurut tokoh masyarakat, Tonyok, kegiatan ini menjadi salah satu upaya mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan, khususnya kebersihan sungai. “Jika sungai bersih, aliran lancar dan mengurangi terjadinya banjir,” kata Tonyok.

Menjaga dan merawat sungai tidak hanya menjadi tugas TNI, namun semua masyarakat. Kepedulian terhadap lingkungan harus tumbuh dari kesadaran masyarakat,” tegas Serda Mei Adi.

Nampak ikut kegiatan kerja bakti, Staf Intel dan personel Yonif 511/DY. Suasana penuh kebersamaan ketika personel Yonif 511/DY dan warga bahu membahu bergotong royong membersihkan sampah di sepanjang aliran sungai. (arw/bon)