LAMONGAN, arekMEMO.Com – Yuhronur Efendi, calon Bupati Lamongan,  didampingi calon wakil Bupati Lamongan,  Dirham Akbar Aksara menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Yayasan Pondok Pesantren Al Munawwaroh, Desa Kembangbahu, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan, Jawa Timur, Selasa (20/10/2024).

Dengan tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, Calon Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, atau akrab disapa Pak Yes bertindak selaku Pembina Upacara.

Diikuti wali  murid, dewan guru, serta siswa-wiswi Yayasan Pondok Pesantren Al Munawwaroh, upacara hari santri berlangsung tertib. Pak Yes menyampaikan sambutannya berkaitan dengan sejarah peran besar santri di masa perjuangan kemerdekaan yang luar biasa besarnya. Bahkan menurut Pak Yes santri di masa kemerdekaan mempunyai pengaruh besar terhadap lahirnya Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Pak Yes menegaskan, jika santri adalah agen perubahan yang saat ini mempunyai peran untuk berjihat membangun bangsa. “Salah satunya dengan belajar berbagai ilmu pengetahuan, serta mempraktikkan nilai-nilai keislaman sehingga bisa melanjutkan pembangunan Lamongan yang menuju kejayaan,” tegas Pak Yes.

“Ke depan untuk memasifkan gerakan 1821, Lamongan Menghafal dan Syiar Islam di seluruh pelosok Lamongan, kami akan melaunching program Lamongan Nyantri. Program ini sangat tepat dengan status Lamongan sebagai Kabupaten yang memiliki ratusan pesantren dengan ratusan ribu santri serta sejalan dengan budaya nyantri yang sudah melekat di Masyarakat Lamongan,” ujar Pak Yes.

Mengakhiri sambutannya, Pak Yes menegaskan jika Peringatan Hari Santri Nasional ini menjadi momentum pengingat kepada kita semua, bahwa pendidikan adalah investasi yang tiada tara, sekaligus kunci keberhasilan generasi depan Indonesia dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita menyongsong Indonesia Emas 2045.(iyan)