Para atlet bola voli pelajar se Jawa Timur berlatih di GOR Stikosa AWS

SURABAYA, arekMEMO.Com – Pemusatan latihan dan penjaringan tim bola voli yang akan berlaga di Prakualifikasi Pekan Olahraga Pelajar Nasional tahun 2024 berlangsung di GOR Stikosa AWS, 3 – 4 Oktober 2024. Para atlet pelajar dari SMA/SMK se Jawa Timur tersebut akan mewakili Jawa Timur dalam Pra Popnas 2024 yang berlangsung di Kendari Sulawesi Tenggara pada bulan November 2024.

Di dalam gedung olahraga yang luas di dalam komplek kampus Stikosa AWS, 25 atlet pelajar putra dan 25 orang atlet pelajar putri tampak tertib mengikuti latihan dipimpin tim pelatih dari Dinas Kepemudaan  & Olahraga (Dispora)  Propinsi Jawa Timur.

Menurut Whintaka Subiantosa dari Dispora Jatim, akan dipilih tim bola voli putra dan putri, masing-masing 14 orang untuk mewakili Jawa Timur dalam Pra Popnas di Kendari mendatang. Mereka dipilih setelah melalui seleksi yang ketat di tingkat kabupaten/kota. Whintaka merasa yakin tim voli Jawa Timur akan lolos ke babak final, mengingat prestasi gemilang di Popnas tahun sebelumnya. Pada Pra Popnas 2022 di Balikpapan, tim voli Jawa Timur menyabet medali emas putra putri. Pada Popnas 2023 di Palembang, tim voli Jawa Timur menyabet juara 3.

Sedangkan GOR Stikosa AWS dipilih sebagai pusat pelatihan mengingat letaknya yang strategis dan cukup representatif. Di gedung olahraga ini, tim voli Bank Jatim juga secara rutin menggunakan gedung ini sebagai pusat latihan.

Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) merupakan ajang multi-olahraga pelajar yang tertinggi dan bergengsi tingkat nasional. Dilaksanakan tiap dua tahun sekali, Popnas diharapkan dapat menjadi momentum dalam memacu gairah pelajar Indonesia agar berprestasi di bidang olahraga. Dan bisa mengharumkan nama bangsa di event ASEAN Schools Games 2025 yang akan berlangsung di Brunei Darussalam. Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Popnas 2024 adalah sepakbola, bola voli, sepaktakraw, bola basket, pencak silat, tenis lapangan, bulu tangkis dan tinju. (*/kar)