Sosok ultraman meramaikan kirab budaya Desa Pandanan Gresik (Foto: Istimewa)

GRESIK, arekMEMO.Com –  Sosok super hero Ultraman, tampak ikut memeriahkan kirab budaya sedekah bumi masyarakat Desa Pandanan Kecamatan Duduksampeyan, Sabtu (14/9/2024).

Menariknya, tokoh pahlawan fiksi ini ikut berjalan kaki sambil membawa dupa berlagak seperti dukun. Tidak hanya itu saja, masyarakat Desa Pandanan juga dihibur tarian berkostum pakaian Jawa dengan iringan musik dari disc jockey (DJ).

Selama perjalanan, banyak warga yang ikut berjoget heboh. Dalam kirab itu juga diusung empat gunungan hasil bumi berupa sayuran, jagung, tomat, dan buah-buahan serta makanan ringan.

Empat gunungan itu lalu ditaruh sebentar di balai desa. Setelah melalui prosesi doa, akhirnya ratusan warga, peserta sedekah bumi dan juga warga yang menonton saling berebut isi empat hubungan tersebut.

Suryadi, Kepala Desa (Kades) Pandanan, mengatakan kirab budaya  untuk melestarikan tradisi leluhur. Sedangkan sedekah bumi sebagai wujud syukur atas hasil pertanian dan rezeki yang melimpah.

“Setiap tahun kita menggelar kirab budaya dan sedekah bumi, tahun ini ada empat gunungan hasil bumi, salah satunya gunungan snack. Warga berpartisipasi, saya juga ikut tampil membawa miniatur nol kilometer, yang menjadi ikon Desa Pandanan,” ungkap Suryadi.

Sementara, Ali selaku panitia menambahkan, warga yang ikut partisipasi berasal dari tiga RW, delapan RT dan tiga dusun. Tradisi tersebut dihadiri  Camat, Kapolsek dan Danramil Duduksampean.

“Kirab budaya dan sedekah bumi menjadi ajang silaturahmi antarwarga, sekaligus bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, atas nikmat dan karunia yang telah diberikan, terutama hasil panen yang baik di tahun ini,” pungkas Ali. (oso)