GRESIK, arekMEMO.Com – Demi meningkatkan kesadaran dan keterampilan berkendara yang aman personelnya, Polres Gresik menyelenggarakan pelatihan Safety Riding yang intensif  di Halaman Gedung Serbaguna Tri Dharma Petrokimia, Senin (2/9/2024).

Pelatihan ini melibatkan seluruh personel Satuan Lalu Lintas dan Satuan Samapta, dengan  tim instruktur profesional ini menyajikan materi yang sangat komprehensif. Peserta diajak untuk memahami pentingnya awareness atau kesadaran penuh saat berkendara, mengasah basic skill atau keterampilan dasar berkendara, serta melatih kemampuan dalam danger prediction atau memprediksi bahaya yang mungkin terjadi di jalan raya.

Konsep Cariaman, singkatan dari Cari Aman, yang merupakan slogan keselamatan berkendara juga menjadi fokus utama dalam pelatihan ini.

Selain pemaparan materi teori, peserta juga mempraktikkan langsung teknik pengereman darurat, manuver di jalur sempit, slalom course, serta berbagai simulasi situasi berkendara yang sering dijumpai di jalan raya.

Kapolres AKBP Arief Kurniawan yang mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, juga ikut serta dalam sesi praktik.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan seluruh personel Polres Gresik dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam berkendara yang aman dan tertib,” pesan Kapolres. (oso)